Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Gegerbitung Sambangi Sekolah

Sukabumi Jawa Barat,TintaMerahNews.com, –  Polsek Gegerbitung, Polres Sukabumi menggelar sosialisasi penyuluhan pencegahan kenakalan remaja yang bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 2), Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Gegerbitung, Bripka Nandang Rizkika mengatakan bahwa sosialisasi penyuluhan ini Aparat kepolisian bekerja sama dengan SMPN 2, bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kenakalan remaja seperti tawuran dan yang lainnya.

“Saya menghimbau kepada orang tua untuk lebih meningkatkan perhatiannya terhadap anak-anaknya agar mereka tidak melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan hukum dan norma yang berlaku dan mengingatkan sekolah untuk konsisten dalam menerapkan tata tertib sekolah,” kata Nandang kepada awak media, Kamis (9/ 11/2023).

Dijelaskannya, untuk bentuk kenakalan para pelajar diantarnya tawuran, intimidasi, menghina obat-obatan, hubungan seks di luar nikah, dan lainnya sangat merugikan diri sendiri dan mengganggu kehidupan umum. Hal ini tidak bisa di berikan semuanya sebagai tanggung jawab sekolah.

“Adapun faktor penyebab kenakalan remaja bisa dipicu oleh tiga hal yakni keluarga yang tidak harmonis, salah memilih teman, dan lingkungan sosial yang kurang baik. Maka diharapkan semua ikut aktif dalam pencegahan kenakalan remaja ini,” cetusnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 2 Gegerbitung R. Herawati, M.Pd, Kepala menyampaikan bahwa pencegahan terhadap kenakalan remaja harus melibatkan berbagai pihak pentahelix.

“Sekolah harus bekerja sama dengan mitra-mitra Pendidikan untuk duduk bersama menangani kenakalan remaja, Tidak bisa kita berjalan sendiri-sendiri. Oleh karena itu diperlukan sinergitas dengan berbagai pihak terkait, terutama orang tua murid, masyarakat dan aparat keamanan setempat,” singkat Hera.

Ditempat yang sama Wakil Kepala Kesiswaan (Wakasek) Dedi Sudrajat S.Pd menambahkan Sekolah akan konsisten untuk memberikan penyuluhan dan Bimbingan kepada siswa-siswi SMPN 2 Gegerbitung khususnya.

“Iya, hal itu wajib dilaksanakan agar mereka menjadi generasi yang baik serta tidak membuang waktu di masa mudanya dengan hal-hal yang sia-sia dan merugikan dirinya sendiri.” tandasnya.

Selain itu Wakil Kepala Kurikulum, Ade Isman menambahkan bahwa penyuluhan dan bimbingan dengan melibatkan instansi terkait telah menjadi program sekolah.

Harapannya tambah dia, agar para pelajar memahami dampak negatif dari kenakalan remaja dan bagaimana cara menghindarinya sehingga mereka fokus untuk belajar dengan baik.” kesimpulannya.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut yang di hadiri oleh para wakil orang tua siswa-siswi memberikan respon yang sangat baik. Mereka tampak sangat antusias dan merasa senang karena dilibatkan secara langsung dalam program pencegahan kenakalan remaja di sekolah putra-putrinya. 

Mereka merasa teredukasi dengan pemaparan Kanit Binmas terutama tentang penegakan hukum terkait kenakalan remaja dan akan meningkatkan perhatian pergaulan putra-putrinya di luar sekolah.

Reporter : Eka Lesmana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *