DAERAH  

Kadis Kesehatan Hadiri Acara Peningkatan Kapasitas Bidan se-Kabupaten Tasikmalaya

Kab,Tasikmalaya TintamerahNews.com – Kepala dinas kesehatan kabupaten Tasikmalaya Dr. Heru Suharto hadiri acara peningkatan kapasitas bidan transformasi kesehatan dalam peningkatan pelayanan kebidanan. Dalam sambutannya Dr Heru mengatakan bahwasanya fokus utama global dari IBI itu adalah pelayanan serta peningkatan kebidanan dalam melindungi hak kesehatan melalui pemberdayaan perempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan ibu dan anak Selasa (19/12/2023).

Disela-sela acara Leli sebagai ketua satu bidang organisasi PC IBI kabupaten Tasikmalaya menyampaikan ini adalah acara peningkatan kapasitas bidan dan kita juga sebagai bidan ingin meningkatkan pelayanan kebidanan. Disini kita mengadakan seminar dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bidan bidan dibidang pelayanan kebidanan,”ucapnya.

Peran pemerintah sendiri Alhamdullilah sangat mendukung terhadap peningkatan kompetensi bidan dengan banyaknya pelatihan pelatihan kebidanan serta antusias dari bapak bupati sebagai pucuk pimpinan.

Acara tersebut bekerjasama dengan rumah sakit Hermina dengan dua narasumber Dr spesialis dari rumah sakit Hermina.

Lanjut Leli Alhamdullilah untuk di tahun 2023 ini angka kematian ibu (AKI) sudah menurun dibandingkan dengan tahun tahun kebelakang, Dan untuk di tahun 2022 Angka kematian ibu ada 48 sedangkan di tahun 2023 sekarang ada 28 untuk kematian ibu,Jadi disimpulkan ada penurunan yang signifikan,”imbuhnya.

Sementara yang mengikuti dalam acara peningkatan kapasitas bidan ini sekitar 250 bidan, Dan disini ditekankan untuk semua bidan agar lebih meningkatkan pengetahuan kompetensi karena dibidang pelayanan bidan itu sangat pesat perkembangannya.

Diharapkan dengan adanya peningkatan kompetensi bidan bisa lebih menurun lagi untuk kematian ibu dan anak. Dan juga untuk semua bidan bisa melaksanakan pelayanan bidan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya kemudian bisa lebih baik memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tujuan pembangunan saat ini,”singkatnya.

Reporter : (Wawan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *