Ciamis  

Panwaslu Cidolog Berikan Pembekalan Anggota Jelang Pemilu Serentak 2024

Ciamis,TintamerahNews.com,-Tintamerahnews.com Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cidolog fokus meningkatkan pemahaman bagi PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) dan PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) menjelang Pemilu Serentak 2024. Langkah ini diambil untuk memaksimalkan pemahaman tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kinerja PKD dan PTPS serta mencegah terjadinya pelanggaran selama proses pemilihan. Bertempat di Kantor Sekertariat Panwaslu Kecamatan Cidolog pada Senin, (29/01/2024).

Bayu Jatnika selaku koordinator divisi Hukum, Pencegahan, dan Hubungan Masyarakat, yang juga didampingi juga oleh Dali Andri selaku koordinator divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menuturkan pihaknya selalu intensif berikan pembekalan terhadap semua PKD dan PTPS, dan mengedukasi semua unsur yang terlibat dalam pemilu termasuk masyarakat tentang kepemiluan dengan mengintensifkan penggunaan media sosial.

“Sampai hari ini alhamdulillah masih berjalan sesuai apa yang diharapkan karena memang kita selalu melakukan pencegahan seperti imbauan-imbauan kepada semua peserta pemilu untuk menjaga kondusifitas, lalu kemudian lewat sosial media kita selalu mengedukasi kepada masyarakat pengguna media sosial tentang apa saja hal-hal yang memang dilarang dan dibolehkan dalam kampanye ini harus ditekankan dan harus diketahui,” Tuturnya.

 

Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan tugas dan tanggung jawab mereka, Panwaslu Kecamatan Cidolog menggelar serangkaian pembekalan materi, yang diberikan melibatkan pemahaman mendalam terkait regulasi pemilu, etika penyelenggaraan, serta langkah-langkah preventif dalam menghadapi potensi pelanggaran.

Choirul Nurdin selaku PKD Desa Janggala, mengatakan pihaknya berharap dapat mencegah pelanggaran sejak dini, dan memastikan bahwa proses pemilu di Kecamatan Cidolog berlangsung dengan integritas yang tinggi.

“Menjelang pemilu kami selaku PKD selalu memberikan pemahaman dan pengertian kepada para peserta pemilu dalam hal ini terutama dari timses untuk selalu menjaga kondusifitas di lapangan, supaya tidak terjadinya gesekan dengan tim lain. Untuk antisipasi supaya kondusif aman dan damai, kami selaku PKD selalu mengharapkan dan berkoordinasi dengan para pihak yang ada di wilayah desa.” Ujarnya.

Bayu juga menambahkan bahwa, “Peningkatan SDM di tingkat desa, itu merupakan upaya pencegahan dalam hal kepemiluan seperti evaluasi setiap minggu, sejauh mana pekerjaan kawan-kawan di tingkat desa, dan selalu kita komunikasikan dan koordinasikan terkait hal tersebut.” Pungkasnya.

Pemahaman mendalam ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan pemilu, menjaga kepercayaan masyarakat, dan memastikan setiap suara dihitung dengan akurat. Panwaslu Kecamatan Cidolog berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menciptakan pemilu yang berjalan sesuai aturan dan memberikan hasil yang dapat dipercaya

Reporter : (wans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *