Diduga Ada Kejanggalan Penjelasan Surat Jawaban Terkait Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Disporabudpar Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya Jawabarat TintamerahNews.com,- Pada pemberitaan sebelum nya pada (22/1) yang berjudul ‘Fantastis!! Disporabudpar Kota Tasikmalaya Serap Anggaran Milyaran Rupiah Untuk Event Organizer’ menjelaskan terkait wawancara tertulis dari surat yang dilayangkan oleh awak media TintaMerahNews.com pada beberapa pekan lalu.

Dalam artikel sebelum nya, Kepala Dinas Porabudpar Deddy Mulyana melalui surat jawaban menjelaskan bahwa terkait penggunaan Belanja Jasa Event Organizer melakukan kegiatan salah satunya untuk Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar.

Dalam realisasi anggaran yang mencapai ± 4Milyar, sebesar ± 2,2Milyar dipergunakan untuk kegiatan Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar.

Adapun rincian penggunaan anggaran dari kegiatan tersebut dipergunakan untuk kegiatan pelatihan, antara lain :

1. Pelatihan Seni Musik Modern

2. Pelatihan Membatik

3. Pelatihan Kriya Bambu

4. Pelatihan Public Speaking

5. Pelatihan Film

6. Pelatihan Bisnis Kuliner

7. Pelatihan Sapta Pesona

8. Pelatihan Sajian Pengemasan Kuliner

9. Pelatihan Seni Rupa Mural

10. Pelatihan Lagalitas Usaha, dan

11. Keikutsertaan dalam helaran budaya Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 di Kota Makasar

Dari 11 kegiatan tersebut sudah direalisasikan dan dilaksanakan secara baik oleh Disporabudpar. Namun, diduga ada perbedaan yang disampaikan oleh pihak Disporabudpar dengan yang disampaikan oleh Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah terkait kegiatan Keikutsertaan dalam helaran budaya Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 di Kota Makasar.

Melansir pemberitaan dari RadarTasik.id (11/07/2023), bahwa pada acara Apeksi XVI tahun 2023 ini Pemkot Tasikmalaya tak mengikuti event pameran atau expo produk. Untuk karnaval pun hanya memberangkatkan para pegawai, tak melibatkan para pegiat seni maupun mitra UMKM untuk ikut pameran. Alasannya terbentur budget atau anggaran untuk transportasi dan akomodasi.

Anehnya, pihak Disporabudpar ada penganggaran untuk kegiatan Ke ikut sertaan dalam kegiatan APEKSI 2023 tersebut.

Lantas apakah penganggaran dari pihak dinas sendiri itu hanya untuk pemberangkatan para pegawai pemkot saja atau termasuk untuk ke ikut sertaan masyarakat dalam kegiatan tersebut?

Sampai berita ini ditayangkan, pihak Disporabudpar belum mengetahui. Maka dari itu kami dari pihak media TintaMerahNews.com siap dan menunggu jawaban dari pihak Disporabudpar atau pihak terkait mana pun yang merealisasikan kegiatan tersebut.

Reporter : Deden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *