Pemkab Majalengka Gencar Berantas Rokok Ilegal

Pemkab Majalengka Gencar Berantas Rokok Ilegal
Pemberantasan rokok ilegal

MAJALENGKA, Tintamerahnews.com – Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka), Jawa Barat, terus melakukan upaya penanganan rokok ilegal.

Upaya tersebut semakin intensif dilakukan oleh Pemkab Majalengka. Salah satu upayanya yakni melakukan sosialisasi di wilayah yang dianggap sebagai pintu masuk utama bagi rokok tak bercukai tersebut.

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi, mengungkapkan bahwa pihaknya telah secara aktif melakukan sosialisasi di berbagai lokasi, termasuk di antaranya daerah Malausma.

“Hasil informasi yang diterima dari Bea Cukai menunjukkan bahwa rokok ilegal tanpa cukai ini berasal dari daerah Jawa,” kata Bupati Karna Sobahi, Jumat (10/11/23).

Pemkab Majalengka Gencar Berantas Rokok Ilegal
Sosialisasi bahaya roko ilegal

Bupati Majalengka mengakui, tantangan yang dihadapi oleh Pemkab Majalengka tidak hanya terbatas pada masuknya pasokan barang ilegal. Pihaknya juga harus menghadapi kasus produksi rokok ilegal yang terjadi di wilayah itu sendiri.

Bupati Karna Sobahi bahkan menyoroti bahwa di Kecamatan Cikijing, ditemukan orang-orang yang terlibat langsung dalam produksi rokok ilegal ini dengan menyewa rumah sebagai tempat produksi.

“Hal ini menunjukkan bahwa peredaran rokok ilegal bukan hanya masalah pasokan barang dari luar, tetapi juga produksi lokal yang jelas merugikan, dilakukan oleh orang luar yang menetap di Majalengka,” ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah ini, lanjutnya, Satpol PP secara rutin mengadakan razia di berbagai wilayah. Selain itu, pemerintah setempat menjalin kerjasama erat dengan para kepala desa untuk mengantisipasi peredaran rokok ilegal hingga ke warung-warung terpencil.

“Maka dari itu, kita bekerja sama dengan para kepala desa untuk menyosialisasikan perihal ini sekaligus mengawasi peredaran tokok ilegal di warung-warung pelosok,” jelasnya.

Bupati mengutarakan, bahwa upaya ini memiliki tujuan ganda, yakni melindungi masyarakat dari dampak negatif rokok ilegal dan menjaga perekonomian yang sehat di Kabupaten Majalengka.

Pemkab Majalengka optimis bahwa upaya sosialisasi dan tindakan yang diambil akan membantu mengurangi peredaran rokok ilegal di wilayah mereka.

Sehingga, keberhasilan dalam upaya ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan juga akan mempromosikan kepatuhan terhadap aturan perpajakan yang berlaku.

“Semoga dengan kerja keras dan kerjasama yang terus menerus, masalah rokok ilegal di wilayah Kabupaten Majalengka dapat teratasi,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *