Ciamis  

Rangkaian Hari Jadi Ciamis 2023, dari Ngarak Pataka Sampai Galuh Ethnic Carnival

Ciamis, Tintamerahnews.com – Menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis 2023 yang jatuh pada tanggal 12 Juni 2023. Rangkaian peringatan sudah tersusun, mulai Ngarak Pataka hingga Galuh Ethnic Carnival.

Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis 2023, merupakam momentum yang ditunggu-tunggu. Pasalnya, banyak kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Salahsatunya yaitu Ngarak Pataka. Ngarak Pataka merupakan kirab yang membawa bendera sebagai simbol kekuasaan Kerajaan Galuh zaman dahulu, berkeliling wilayah Kabupaten Ciamis.

Tujuan Ngarak Pataka adalah agar masyarakat mengetahui momentum Hari Jadi Kabupaten Ciamis dan untuk menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap Ciamis.

Ngarak Pataka dilepas Bupati Ciamis pada tanggal 12 Mei 2023. Kemudian dibawa ke lima eks Kawedanaan yaitu kecamatan Kawali, Tambaksari, Banjarsari, Cidolog, hingga berakhir di Cihaurbeuti pada tanggal 10 Juni 2023.

“Sengaja seperti halnya tahun lalu kegiatan ini disebar di tiap Kewadanaan, semata-mata agar masyarakat tahu kapan Hari Jadi Kabupaten Ciamis,” ucap Bupati Ciamis.

Rangkaian kegiatan lain yang ditunggu-tunggu warga Kabupaten Ciamis adalah Galuh Ethnic Carnival 2023.

Galuh Ethnic Carnival 2023 yang digelar pertama kali pada tahun 2018 ini, merupakan helaran seni budaya dari Kabupaten Ciamis dan luar daerah.

Sama halnya dengan Galuh Ethnic Carnival acara Ciamis Creative Festival pun akan digelar dalam rangkaian Hari Jadi Ciamis 2023 dari tanggal 28 Mei hingga 4 Juni.

Ciamis Creative Festival 2023 merupakan pameran pencapaian pembangunan Kabupaten Ciamis di momentum Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 381

Selain itu, Ciamis Creative Festival untuk mempromosikan produk atau jasa dari berbagai sektor, baik sektor UMKM, budaya, pariwisata, ekonomi kreatif, perbankan, industri dan lainnya.

Pengunjung memasuki pameran secara gratis, bahkan bisa mendapatkan promo dari jasa dan produk menarik dari setiap booth yang digelar di Halaman Islamic Center Ciamis.

Sebagai puncak dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis 2023 adalah dengan dilaksanakannya Upacara Bendera pada tanggal 11 Mei 2023 bertempat di lapangan Lokasana dan ditutup dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Ciamis.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Ciamis merupakan puncak rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Ciamis 2023 yang dilaksanakan di Aula DPRD Ciamis, pada Senin, 12 Juni 2023 (Dewi/D Aan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *