DAERAH  

Tasikmalaya Dr. H. Suryana Hadiri Acara Khazanah Diniyah Ke 2; Dan ini Harapannya

Kab Tasikmalaya Jawa Barat TintamerahNews.com,- Forum komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) kabupaten Tasikmalaya laksanakan kegiatan KHAZANAH DINIYAH ke 2 dengan tema berbudaya beragama berilmu dan berakhlaq mulia yang bertempat di gedung islamic centre pada hari Senin (25/12/2023).

Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan sekolah yang didirikan secara bergotong royong masyarakat untuk menempa anak anak dalam berbudi dan berakhlaqul karimah. FKDT berfungsi sebagai mitra kerja KEMENAG (Kementerian Agama) terkait dalam mensukseskan penyelenggaraan Diniyah Takmiliyah.

Disela-sela acara Dr. H Suryana, M, SI sebagai ketua umum FKDT kabupaten Tasikmalaya menjelaskan bahwasanya acara ini adalah kompetisi ataupun perlombaan ketangkasan kecakapan dan kemampuan anak anak dalam memahami pelajaran pelajaran di madrasah Diniyah. Ada 7 mata pelajaran yang dipelajari secara ke ilmuan yaitu ada Akidah,Akhlak, Al-Qur’an,hadist,fikih,SKI serta bahasa arab dan ditambah juga praktek yang diantaranya ada pemulasaraan jenazah dan penyembelihan hewan itu semua sebagai bentuk implementasi pemahaman daripada pembelajaran madrasah Diniyah,” ucapnya.

Acara ini dihadiri 39 kecamatan sekolah madrasah Diniyah, untuk peserta sendiri yang hadir sekitar 1500 orang beserta official.

Anak anak dituntut harus bisa Mempraktekkan dari segi pengurusan jenazah,dari mulai memandikan,mengkafani,mensholatkan dan juga menguburkan.

Kendati demikian kita juga menekankan kepada seluruh siswa siswi madrasah Diniyah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman kompetitif, keterampilan ketepatan dan kecepatan. Jadi sekalipun mereka mampu tetapi mereka kurang cepat dan tidak tepat meraka tidak akan dapat, Karena disini sistem nya cepat tepat,”imbuhnya.

Lebih lanjut mereka akan menjawab beberapa persoalan yang diberikan oleh panitia. Dan ini tentunya akan menghasilkan potensi potensi yang baik dari segi aspek ilmu mampu mempraktekkan serta mampu bisa mengamalkan untuk kemanfaatan dirinya dan juga orang lain.

Alhamdulillah untuk perhatian dari pemerintah sendiri cukup besar, Dan sekarang akan ditandatangani MOU kolaborasi antara pendidikan agama Islam di pendidikan formal dengan pendidikan Diniyah Serta ada juga insentif tahunan bagi para guru guru Diniyah. Untuk kegiatan sendiri ada beberapa perhatian dengan akan hadirnya Bupati Tasikmalaya.

Berharap untuk kedepannya madrasah Diniyah bisa memenuhi kualitas pendidikan agama Islam disekolah formal, Karena madrasah Diniyah sebagai pemenuhan kebutuhan ataupun penyempurnaan daripada pendidikan agama disekolah sekolah formal,”pungkasnya.

(Wawan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *