DAERAH  

Tingkatkan Hasil Pertanian, Kelompok P3A Darma Usaha Tiga Cisayong Maksimalkan Hasil Pekerjaan

Tasikmalaya, Tintamerahnews.com – Kelompok P3A Darma Usaha Tiga yang beralamat di Kampung Sukamaju Desa Sukamukti kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan program jaringan irigasi dari BBWS Citanduy.

Tidak mau mensia-siakan kesempatan tersebut, Ketua Kelompok P3A Darma usaha Tani mengatakan akan melaksanakan pekerjaan tersebut dengan maksimal guna meningkatkan hasil pertanian.

Adapun lokasi pengerjaannya yakni di Daerah Irigasi (DI) Pulo Balong atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pulo Subri.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan kepercayaan melaksanakan perbaikan jaringan irigasi dari BBWS Citanduy. Kami akan memaksimalkan pekerjaan ini,” terang Candra Permana, Ketua P3A Darma Usaha tiga, Minggu (14/05/23).

Untuk para pekerja lanjut Candra yakni sesuai dengan arahan dari peraturan yang ada, yaitu tentang padat karya, dengan menggunakan tenaga pribumi.

“Alhamdulillah para pekerja pribumi dari wilayah kami sebagai swakelola ataupun bentuk pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Adapun pekerjaannya saat ini sudah mencapai 60-70 persen. Ia berharap semuanya berjalan lancar sampai akhir.

“Setiap akan melakukan kegiatan kami selalu terus berkordinasi dan melakukan evaluasi dengan para pekerja sehingga jangan sampai menyalahi spek yang ada, tentunya dengan spek yang sudah ditentukan supaya hasil pekerjaan maksimal, terangnya,” tambahnya.

Ia juga berharap dengan adanya bantuan peningkatan jaringan irigasi di wilayahnya ini dapat meningkatkan hasil pertanian.

“Karena sumber aliran air yang lancar. Dan tidak lupa saya juga selaku ketua kelompok mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kementerian PUPR juga BBWS Citanduy atas bantuan dan kepercayaannya ini melalui kelompok kami,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) secara swakelola.

Adapun jenis kegiatan pelaksanaan P3-TGAI terdiri dari, rehabilitasi Jaringan Irigasi, peningkatan Jaringan Irigasi, dan/atau pembangunan Jaringan Irigasi.

Tiga penerima P3-TGAI ini terdiri atas Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), dan/atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

Penerima tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut, berbadan hukum, disahkan dengan keputusan kepala daerah, disahkan dengan akta notaris, atau disahkan dengan keputusan kepala desa, untuk P3A. (Yan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *