Bukan Hujan Deras, ini Penyebab Jalan Cidugalen Ambrol

Tasikmalaya, Tintamerahnews.com – Terputusnya akses jalan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Sariwangi dan Kecamatan Cigalontang pada minggu (07/05/23) sore hari membuat aktifitas masyarakat kedua kecamatan menjadi terganggu.

Pasalnya jembatan Cidugaleun merupakan jalan utama dan menjadi penopang roda ekonomi kedua Kecamatan yakni Kecamatan Cigalontang dan Kecamatan Sariwangi

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Kabupaten Tasikmalaya, Romi Gardara, S.T mengatakan bahwa jalan jembatan tersebut akan segera diperbaiki .

“Tadi pagi kita sudah turun ke lapangan untuk general checking, mungkin tidak terpikirkan dahulunya sampah-sampah yang itu kan ada dua saluran saluran bawah tertutup dan saluran atas terbuka,” terang Romi.

Maksudnya, lanjut Romi, ketika debit airnya besar seperti hari minggu kemarin itu akan over flow dan air itu akan mengalir di saluran terbukanya.

“Ternyata saluran tertutupnya itu ada sampah, berikut sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat dan sampah yang lainnya sehingga saluran bawah tidak lancar dan saluran yang atas tidak di desain untuk menahan debit air sebesar itu,” ungkap Romi kepada wartawan saat di temui di ruang kerjanya . Senin ( 08/05/2023).

Adapun untuk pengerjaan perbaikannya, Romi mengatakan, belum bisa memprediksi seberapa lamanya.

“Rencana kebutuhan biayanya berapa, teknik membangunnya bagaimana, dan titik-titik mana yang harus kita perbaiki, setelah itu kita estimasi dan meminta langsung arahan dari Bupati,” tambahnya.

Adapun untuk anggarannya, terang Romi, biasnya dari BTT. “Tetapi kita akan minta arahan langsung ke Bupati, apakah kita harus menganggarkan untuk tahun depan atau bagaimana,” ujarnya.

Sementara, mengenai transportasi antar kedua desa tersebut atau Dua Kecamatan tersebut, Romi mengatakan akan mengusahakan ke bawah pakai Jembatan Lama melalui cekdam.

“Kita perbaiki cekdamnya, sekarang kita mendatangkan alat berat karena di sana cekdamnya tersumbat alirannya sehingga air tidak naik ke cekdam dan hari ini kita usahakan selesai dan mudah mudahan hari ini juga bisa dilewati,” pungkasnya. (Day)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *