Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Gelar Acara Ngalokat Cai Situ Sanghyang

Tasikmalaya, Tintanerahnews.com – Dalam upaya melestarikan tradisi budaya kearifan lokal, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar acara ngalokat cai (ngamumule cai) Situ Sanghyang bertempat di Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjung Jaya, Tasikmalaya, Jawa Barat, sabtu (08/07/23).

Pada giat tersebut turut hadir kepala bidang Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya, Kapolsek Tanjung Jaya, Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar Erry Purwanto, Para Kepala Desa se- Kecamatan tanjung Jaya, Jendral Polisi (purn) Drs. Sutarman, S.I.K, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Acara tersebut diisi berbagai macam kesenian sunda seperti lais, pencak silat, tari jaipong dari padepokan Nur cahya Putra Galunggung.

Saat diwawancarai usai kegiatan, Kepala Bidang Disdikbud Elis Sulastri, M.Pd. mengatakan kegiatan ngalokat cai (ngamumule cai) di situ sanghyang ini bagian dari edukasi buat masyarakat sebagai sumber kehidupan yang sangat penting bagi lingkungan hidup

Seperti dikatakannya bahwa ngalokat cai itu adalah melestarikan air untuk terjaga kesinambungannya, terjaga kebersihannya, ditanami pohon – pohonnya, jangan sampai situ sanghyang ini tidak ada air nya. Jadi air ini harus benar benar terjaga kelestariannya.

“Pasalnya air itu sumber dari kehidupan yang manfaatnya buat mata pencaharian masyarakat para petani dan masyarakat benar-benar harus bisa merawat serta mensyukurinya,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap semoga Dinas Pariwisata bisa bersanding bersinergi dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan. “Karena kita disini berbicara kebudayaan. Dalam upaya mengembangkan pariwisata desa, untuk tahun depan akan dipikirkannya,” tambahnya.

Adapun kebiasaan tahunan yang sudah berjalan di Kecamatan Tanjung Jaya ini yaitu Harlah (hari lahir) Tanjung Jaya yang dilaksanakan setiap bulan September. “Dengan bersinergi dalam kegiatan disini, saya akan mengabdikan diri supaya saling mendukung, saling membantu serta dapat menjadi hiburan buat masyarakat setempat,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap dengan dilaksanakannya ngalokat cai ini bisa menjadi inspirasi buat masyarakat setempat, serta memelihara merawat dan melestarikannya. (Day)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *