DAERAH  

Gowes Bareng Pemkot Dan Pemda Dalam Rangka Napak Tilas Ke – 912 Tasikmalaya

Tasikmalaya, TintaMerahNews.com – Tasikmalaya- Senin, 21 Juli 2023 dilaksanakan Acara Napak Tilas Tasikmalaya ke-912. Di Komplek Perkantoran, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.Diketahui Tasikmalaya awalnya bernama Kabupaten Sukapura yang beribukota manonjaya (1837s/d1901) yang kemudian berpindah ibu kota ke Tasikmalaya (1901) sekaligus berganti nama menjadi Kabupaten Tasikmalaya.

Perubahan status pemerintahan dan perpindahan ibu kota pemerintahan Tasikmalaya terjadi disebabkan oleh tuntutan dari suatu kota yang mengarah pada suatu bentuk kota yang semula bersifat tradisional kemudian berubah menjadi suatu kota yang modern dalam terminologi sejarah.

Perpindahan ibu kota ke Tasikmalaya ternyata berdampak pada perkembangan Kabupaten Tasikmalaya yang semakin pesat yang ditandai dengan aktifitas ekonomi dan sosial yang begitu pesat pula. Perkembangan Kabupaten Tasikmalaya yang begitu maju telah menjadikan Tasikmalaya sebagai pusat pemerintahan karesidenan priangan timur dan menjadikan Tasikmalaya sebagai daerah yang dinamis di wilayah priangan timur.

Kegiatan Gowes Napak Tilas yang diselenggarakan pada hari ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi seluruh warga masyarakat Tasikmalaya untuk bersama-sama memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Kabupaten maupun Kota Tasikmalaya sehingga Tasikmalaya akan mampu tumbuh mejadi daerah yang maju tidak hanya di priangan timur namun juga lebih jauh di kancah Jawa Barat bahkan Nasional.

Pj. Wali Kota Tasikmalaya mengucapkan Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya wabil khusus kepada Bupati Tasikmalaya, Bapak H.Ade Sugianto yang telah berkenan menyelenggarakan kegiatan napak tilas Tasikmalaya pada hari ini.

Ia juga berharap Semoga kegiatan napak tilas ini dapat menjadi agenda rutin sekaligus menjadi sarana edukasi bagi generasi muda untuk mengenal sejarah Tasikmalaya lebih jauh lagi.

Sumber : Portal Tasikmalaya Kota

Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *