DAERAH  

Pegawai DPURTPLH Lakukan Tour Short Safari Penulusuran Jalan Papayan Sampai Cikalong

Kab, Tasikmalaya TintaMerahnews.com – (03/02/2023) Kadis DPURTPLH. M. Fuad Abdul Aziz, ST. M. P., Beserta Plt. Sekdis, Para Kabid dan seluruh staf fungsional melaksanakan tour short safari, untuk mengetahui keadaan jalan sepanjang 50 km antara Papayan – Cikalong, ketika dikonfirmasi penulis di area parkir Mesjid Jami Al’ Askari, sambil menunggu Kabid Jalan dan Jembatan Bapak Romi Gardara yang belum datang juga hampir satu jam, pungkasnya.

Selanjutnya Kadis menjelaskan secara rinci, bahwa menurutnya jalan ini sudah diserahkan kepada pihak provinsi untuk pengelolaannya, namun sampai hari ini belum ada jawaban kepastian, oleh karena itu dia (fuad) mengajak para pegawai untuk melihat langsung keberadaan jalan ini, agar mereka mengetahui sepenuhnya dan membekas dihati mereka, seperti dalam sebuah lagu yang pernah populer “Sepanjang Jalan Kenangan”.

Baca Juga : KPU Kabupaten Tasikmalaya Kukuhkan 21 Anggota PPS se-Kecamatan Sukahening

Jalan sepanjang 50 kilometer ini, selalu dikritisi berbagai pihak kilahnya, seperti dari pihak pemerhati, para tokoh terutama pengguna jalan, warga masyarakat yang bermukim diwilayah tempat tinggal penduduk setempat.

Sekilas ringkas yang dimaksud Jalan Umum  adalah Jalan yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum, menghubungkan secara terus – menerus, terutama untuk pusat kegiatan nasional, pusat kegiatan wilayah, pusat kegiatan lokal sampai ke pusat kegiatan lingkungan. Jelasnya menghubungkan antar pusat kegiatan nasional.

Jadi pada dasarnya Fungsi jalan berdasarkan sifat dan pergerakan pada lalu lintas dan angkutan jalan maka jalan dibagi menjadi empat yaitu: Jalan Arteri. Jalan Kolektor. Jalan Lokal.

Sumber : berbagai literatur pengetahuan dan pustaka pribadi.

Iwan Singadinata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *