DAERAH  

Pemerintah Desa Calincing Bersama Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Saluran Irigasi yang Longsor

Tasikmalaya, Tintamerahnews.com – Curah hujan yang lebat di Tasikmalaya kemarin sore, menyebabkan longsor dibeberapa wilayah kecamatan Sukahening, seperti hal nya yang terjadi di wilayah Desa Calingcing.

Akses saluran irigasi yang biasa dipergunakan masyarakat tuk pengairan sawah dan kolam runtuh karena longsor, Pemerintah Desa Calincing bersama masyarakat gotong royong melakukan perbaikan.

Kepala Desa Calincing Maman, mengungkapkan, terkait dengan adanya curah hujan yang cukup tinggi , sehingga debit air naik menyebabkan longsor dan runtuhnya saluran irigasi Kawungluwu sepanjang 20 meteran.

“Untuk penanganan sementara diadakan gotongroyong memperbaikinya, karena saluran air tersebut adalah sumber utama untuk pesawahan warga Desa Calingcing,” terang Maman jumat (05/05/23).

Sebelumnya, lanjut Maman, telah diintruksikan kepada warga , melalui Rt dan Rw untuk gotong royong. “Alhamdulilah disambut antusias, untuk penanganan sementara baru 75% ,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, maman berharap kepada Dinas terkait, terutama BPBD untuk segera menindak lanjut dan melihat ke lokasi supaya Pemerintah Desa segera mengambil tindakan dan meminta bantuan Pemerintah.

“Supaya saluran irigasi tersebut bisa normal kembali, karena saluran air ini urgen untuk pesawahan masyarakat Desa Calincing,” katanya.

Lebih lanjut, Maman menghimbau kepada warga masyarakat Desa Calincing , untuk waspada, karena curah hujan cukup tinggi dan cuaca yang tidak bisa diprediksi.

“Sudah beberapa bulan ini cuaca extrim dan untuk masyarakat , tidak membuang sampah sembarangan, waspada terhadap kebakaran karena panas juga, dan masyarakat harus bahu membahu membatu jika ada musibah yang terjadi di wilayah Desa Calincing ,” pungkasnya. (Yan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *