DAERAH  

KPU, Bawaslu Dan Kesbangpol Laksanakan Sosialisasi Pendidikan Masyarakat Jelang Pemilu PilkadaTahun 2024 Tasikmalaya

Kab,Tasikmalaya TintaMerahNews.com || Pemilihan Umum tahun 2024 merupakan puncak terpenting dari demokrasi, yakni satu-satunya momentum bagi setiap warga negara untuk menggunakan hak suara tidak hanya pemilihan Presiden saja, tetapi termasuk pemilihan Legislatif dan Kepala Daerah.

Sehubungan dengan hal tersebut Kesbangpol, KPU, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik guna mendukung sukses pemilu serentak 2024 dengan peningkatan partisipasi pemilih yang dilaksanakan di kp Sukahaji RT/RW 002/005 Desa Karang Mulya Kecamatan Jamanis Tasikmalaya pada hari Sabtu 8/4/2023

Acara di hadiri oleh tokoh masyarakat, Mamat Subagja Kabid poldagri dan ormas, Pa Azis komisioner Bawaslu,

Meningkatnya partisipasi pemilih pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Kepala Daerah diharapkan juga menjadi pertanda bahwa tingkat kedewasaan politik masyarakat dan antusiasme masyarakat dalam partisipasi politik meningkat.

“Partisipasi politik masyarakat tidak hanya dengan hadir pada hari pemungutan suara saja namun juga ikut aktif dalam penyusunan kebijakan yang mengarah pada keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan. kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu serentak 2024.

Adapun tujuannya adalah untuk tumbuhnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pelaksanaan pemilu serentak dan meningkatkan pengetahuan politik masyarakat dan penyandang disabilitas, sehingga dapat berpartisipasi dalam kehidupan berdemokrasi.

Mamat Subagja juga menyampaikan untuk kegiatan tahun ini yang sudah dilaksanakan sampai dengan hari ini bulan puasa ini untuk yang pertama dilaksanakan di Jatiwaras, untuk yang ke 2 di Manonjaya, yang ke 3 di Sukaresik, dan yang sekarang kita laksanakan di Jamanis.

Insha Allah setelah lebaran itu ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di wilayah seputaran Singaparna, yang berkaitan dengan pendidikan politik di masyarakat, karena memang ada dari atasnya ini salah satunya juga termasuk KPU itu ada target 80% peserta pemilu di tahun 2024 ini, jadi kami dari pemerintah membantu mensosialisasikan.

Lanjut Mamat Subagja pun membantah kalau acara ini dilakukan saat menjelang pemilu saja karena acara ini sudah di lakukan sejak tahun 2022. Ujar Mamat Subagja Kabid poldagri dan ormas

KPU kabupaten Tasikmalaya yang di undang oleh Kesbangpol juga mengapresiasi untuk langkah Kesbangpol / pemerintah daerah yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Semoga penyelenggaraan acara ini dapat tersosialisasi pemilu tahun 2024 serta cerdas nya masyarakat untuk memilih menggunakan hak suaranya tersebut.

Disinggung mengenai pemilu tertutup zamzam zamaludin, S.P menyampaikan bahwa tidak punya kapasitas untuk menjawab pertanyaan itu tetapi bahwa sampai hari ini proses yudisial review di MK sedang berlangsung bagi kami (KPU) apapun putusan nya tentu siap melaksanakan pemilu tahun 2024.

“Tentu dalam pemilu 2024 semua pihak dapat menyukseskan karena dalam hal ini bukan hanya tanggung jawab dari pihak penyelenggara saja tetapi mungkin tanggung jawab semua pihak. Dalam hal ini penyelenggara, Bawaslu, pemilu, pemerintah daerah, aparat penegak hukum, sama dari seluruh pihak komponen masyarakat sama turut menyukseskan Pemilu tahun 2024” ujar Zamzam Zamaludin ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya

Kontributor : Yana Suryana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *