DAERAH  

Menjelang Muscab MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya Gelar Rapat Konsolidasi Dan Verifikasi

Kab,Tasikmalaya TintaMerahNews.com  Jelang Muscab ke 10 Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya, Gelar rapat konsolidasi dan verifikasi seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat

Hal ini guna melengkapi administrasi kepesertaan dan kelengkapan proses muscab yang rencananya akan di laksanakan pada bulan Juli 2023 kegiatan rapat tersebut dilaksanakan di komplek rukan Badak Paeh Singaparna,” Rabu (1/03/2023)

Menurut Asep Miftahul Huda Waka Satu Bidang Organisasi Kaderisasi Pemuda Pancasila mengatakan konsolidasi dan verifikasi ini akan dilaksanakan oleh Tim Badan Pelaksana Kaderisasi (BPK) yang mana nantinya akan mencakup verifikasi administrasi dari mulai tingkat ranting, Pimpinan Anak Cabang (PAC), hingga tingkat Majelis Pimpinan Cabang (MPC)

Selain itu untuk persiapan-persiapan administrasi lanjut Asep mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mempersiapkan Back To Zero dimana kepengurusan seluruh PAC akan di tinjau apakah masuk sebagai peserta muscab atau sebagai Peninjau dalam muscab nanti.”Tuturnya

Tentunya perlu diketahui bahwa kepengurusan PAC Pemuda Pancasila di Kabupaten Tasikmalaya ada 39 PAC.

“Jadi berdasarkan hasil verifikasi, Dari 39 Pimpinan Anak Cabang (PAC) ada beberapa PAC yang belum masuk kriteria sebagai peserta Muscab. Dikarenakan jumlah keanggotaan belum memenuhi syarat 150 KTA dan serta kekurangan persyaratan lainnya.”Imbuhnya

Kendati demikian yang menjadi peserta Muscab ada 33 PAC dan yang 6 PAC masuk sebagai peninjau.”Pungkas Asep

Di tempat yang sama Sekretaris Umum MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya Jejen Jenal mengatakan Untuk saat ini pihaknya sedang mempersiapkan bagaimana caranya administratif yang menjadi tuntutan pra muscab itu terlaksana

“Innsyaalloh di akhir bulan Maret ini rencananya kita akan melakukan rapat pleno penetapan SC dan OC untuk menindaklanjuti pelaksanaan muscab.” Ucap Jejen .

“Persiapan pleno sudah jelas, 90 Hari Sebelum Hari H kepengurusan MPC harus sudah melaksanakan pleno,selanjutnya 30 hari Sebelum pelaksanaan Muscab sudah mempersiapkan pemberkasan administrasi untuk penerimaan Bakal Calon Pimpinan MPC yang akan mengikuti muscab.” Jelasnya

“Untuk kepesertaan muscab,berdasarkan hasil verifikasi awal terhadap 39 PAC,yang memenuhi syarat kepesertaan muscab baru 33 PAC dan sisanya sebagai peserta peninjau.” Pungkas Jejen

Saat ini Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya dibawah kepemimpinan Dani Fardian,S.IP mengalami transformasi yang sangat signifikan, ini bisa dilihat dari sistem kepengurusan yang terstruktur secara sistemik mulai dari tingkat anak ranting,ranting sampai PAC sejalan dengan ADART organisasi. Untuk kepengurusan MPC Pemuda Pancasila Capaian kepengurusan saat ini, kepengurusan tingkat Kecamatan atau PAC hampir 100 persen terpenuhi tersebar di 39 kecamatan se Kabupaten Tasikmalaya.

Dari segi jumlah data base ke anggotaan Pemuda Pancasila mengalami lonjakan yang luar biasa,pasca kepengurusan MPC terdahulu jumlah anggota sekitar 2026 anggota sekarang dalam waktu 3 tahunan penambahan jumlah anggota sudah mencapai 7.986 anggota Pemuda Pancasila, ini menunjukan bahwa Pemuda Pancasila sudah mulai diterima dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

Di kepengurusan MPC sudah mulai terbentuk badan-badan baru mulai dari Badan KTA,Badan Pelaksana Kaderisasi (BPK) dan BKPB bidang kebencanaan.

Dalam bidang keagamaan,MPC Pemuda Pancasila telah melaksanakan perlombaan marawis tingkat kabupaten yang di ikuti oleh peserta dari pesantren-pesantren serta masyarakat dari kabupaten dan kota Tasikmalaya. Di bidang olah raga telah melaksanakan even besar yaitu even Bola Volly se Priangan timur yang di ikuti oleh tiga kabupaten kota.

Menjalankan pungsinya sebagai sosial kontrol,PP terus proaktif dalam pengawasan-pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di berbagai tingkatan sebagai upaya kerjasama dengan berbagai stake holder menciptakan penyelenggara pemerintah yang bersih dan akuntabel.

Dalam berpolitik pun Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya menunjukan kematangan dalam berpolitik,ini dibuktikan dengan adanya 8 kader Pemuda Pancasila yang masuk menjadi Bacaleg dalam perhelatan politik pemilu di tahun 2024 dari berbagai unsur Partai.

Sudah cukup banyak prestasi dan penghargaan-penghargaan yang di terima Pemuda Pancasila kabupaten Tasikmalaya dari berbagai unsur,baik unsur pemerintah maupun unsur lainnya.

Paradigma PP mengalami tingkat penilaian trust yang cukup baik di tengah-tengah masyarakat,ini dikarenakan bahwa gerakan-gerakan organisasi PP di tingkat Grassroots memberikan citra baik dengan gerakan-gerakan sosialnya mulai dari giat baksos,pendampingan-pendampingan,jalinan kemitraan dengan berbagai unsur,gerakan kepemudaan,gerakan keagamaan,sosial budaya,kegiatan kemasyarakatan,kesehatan dan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang dilakukan oleh tiap-tiap kepengurusan setingkat dibawah MPC,yaitu tingkat PAC dan ranting di tengah-tengah masyarakat,sehingga citra dan paradigma Pemuda Pancasila mengalami perkembangan positif. PP bukan lagi ormas yang menakutkan dan meresahkan tetapi PP menjadi organisasi yang dibutuhkan dan diperlukan.

Pembinaan-pembinaan dan kaderisasi terus dilakukan,diantaranya Kegiatan wawasan kebangsaan bersama kesbangpol untuk tingkat kepengurusan MPC, KOTI Mahatidana, Srikandi dan Sapma di hotel Dewi Asri. Pembinaan kaderisasi dibawah tingkat kepengurusan MPC diantaranya dengan pertemuan bulanan yang rutin diadakan sebagai ajang silaturahmi para ketua PAC Se-kabupaten Tasikmalaya sebagai upaya pendalaman dan pemahaman keorganisasian untuk tingkat kepengurusan PAC, di tingkat ranting pembinaan terus dilakukan melalui PAC dengan diadakannya pertemuan-pertemuan tingkat ranting.

Sebagai contoh PAC PP Rajapolah dibawah kepengurusan MPC PP Kab Tasikmalaya telah melaksanakan penajaman kaderisasi tingkat pra Pratama yang di ikuti oleh 150 peserta perwakilan 10 PAC Se-Kabupaten Tasik Utara,Pendidikan Politik Ormas PP di Taraju dan Bojonggambir bersama kesbangpol,KPU,Bawaslu,Muspida. Ini bukti upaya kaderisasi dan pemahaman keorganisasian menciptakan kader yang berkualitas di kabupaten Tasikmalaya.”Pungkasnya

Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *